Salah Beli Asuransi Mobil? Terima Resiko Ini

Melakukan perbandingan asuransi mobil adalah hal yang sangat dianjurkan mengingat ada banyaknya produk asuransi kendaraan yang disediakan oleh berbagai perusahaan. Sayangnya, tidak semua nasabah melakukan hal ini karena mereka cepat termakan janji-janji manis dari insurance agent dan terbuai dengan premi murah. Selain itu, ada juga yang berpikir bahwa melakukan hal ini hanya buang-buang waktu saja dan tidak penting. Padahal dengan membandingkan asuransi mobil, calon nasabah bisa mengetahui perbedaan, kelebihan, atau kekurangan dari setiap produk asuransi yang ditawarkan. Btw, apakah Anda juga tak ingin melakukan hal penting ini? Jika jawabannya iya, Anda bisa saja menyesal karena pada akhirnya sadar bahwa Anda sudah salah membeli asuransi mobil. Dengan begitu, Anda juga akan menerima resiko di bawah ini karena kesalahan Anda tersebut:

Banyak keluar dana lebih karena layanan banyak yang tidak gratis

Pada umumnya, perusahaan asuransi akan menawarkan sejumlah layanan kepada nasabah mereka, seperti mobil pengganti saat mobil nasabah sedang diperbaiki, mobil derek untuk menarik kendaraan nasabah yang mogok atau rusak, layanan klaim melalui mobile phone atau pihak asuransi yang menyambangi nasabah langsung, mobil ambulan untuk membawa nasabah dari atau ke rumah sakit paska kecelakaan, dan lain sebagainya. Seyogianya, layanan ini diberikan secara gratis oleh perusahaan asuransi tapi hal ini tidak akan berlaku jika Anda salah pilih perusahaan. Mereka akan mematok harga tertentu di setiap layanan yang mereka berikan. Mungkin pada awalnya layanan mereka gratis tapi untuk seterusnya Anda harus membayar. Dengan adanya hal ini, pengeluaran Anda akan bertambah karena tidak hanya untuk membayar premi tapi juga membayar layanan-layanan yang dibutuhkan.

Komplain diabaikan sehingga membuat Anda kesal dan stres sendiri

Ketika nasabah tidak menyukai kebijakan, peraturan, syarat, atau kualitas layanan yang diberikan oleh pihak asuransi, mereka akan melakukan komplain kepada pihak perusahaan. Hal ini sebenarnya wajar dilakukan karena pemegang polis sudah menjalankan kewajibannya, yaitu membayar premi. Namun, kesalahan dalam memilih produk asuransi bisa membuat Anda kesal dan stres sendiri lantaran komplain yang dilakukan selalu diabaikan. Anda mungkin tak layak untuk merasakan hal ini jika memang Anda bukan nasabah yang selalu membayar premi. Nah, masalahnya adalah jika Anda sering membayar premi, mengapa keluhan Anda masih diabaikan. Dengan adanya hal ini, kekesalan yang akan Anda hadapi nantinya.

Di sisi lain, perlu diketahui bahwa perusahaan asuransi mobil yang profesional tidak akan mengabaikan komplain para pemegang polis mereka. Yang ada mereka akan memberikan respon dengan cepat dan sopan. Jika memang ada kesalahpahaman, mereka akan meminta maaf dan jika ada masalah yang belum bisa diselesaikan, mereka akan memberikan solusi terbaik agar masalah tersebut cepat selesai.

Uang ganti rugi tidak sesuai perjanjian karena dipotong biaya-biaya yang tidak jelas

Idealnya, jika perusahaan asuransi mobil sudah menjanjikan Anda uang sebesar 150 juta untuk ganti rugi, mereka akan memberikan uang dengan jumlah seperti yang mereka janjikan. Sayangnya, jika Anda salah pilih car insurance, hal ini bisa saja tidak akan terjadi. Mengapa? Dengan beragam cara, pihak asuransi akan memotong biaya ganti rugi tersebut untuk biaya-biaya yang tidak jelas. Alhasil, uang yang diterima tidak akan mencukupi untuk memberi kendaraan baru atau memperbaiki kendaraan yang sudah rusak. Bila hal ini sampai terjadi, siapa yang akan rugi? Jelas Anda sendiri yang akan rugi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *